Minggu, 18 Januari 2015

Karbohidrat
Karbohidrat merupakan senyawa yang mengandung unsur C, H dan O. Semua makanan yang mengandung tepung, pada dasarnya terdapat karbohidrat di dalamnya. Zat makanan ini dalam tubuh kita akan diubah mernjadi zat gula, yaitu glukosa. Selain sebagai sumber energi, karbohidrat dapat dipakai sebagai bahan pembentuk prtein dan lemak. Untuk mengetahui apakah suatu bahan makanan mengandung karbohidrat, dapat dilakukan uji dengan menggunakan larutan yodium atau lugol sebagai indikatornya. Bahan makanan yang mengandung karbohidrat, bila ditetesi lugol akan berubah menjadi berwarna biru tua kehitaman.
Protein
Protein sering juga disebut sebagai zat pembangun. Protein merupakan satu-satunya zat makanan yang mengandung nitrogen. Zat makanan inni sangat dibutuhkan untik pertumbuhan tubuh dan penggantian sel-sel tubuh yang rusak. Selain itu protein juga dapat dipecah menjadi energi. Untuk mengetahui apakah bahan makanan itu mengandung Protein, dapat dilakukan uji dengan menggunakan larutan biuret sebagai indikatornya. Bahan makanan yang mengandung protein, bila ditetesi biuret akan berubah menjadi berwarna ungu.
Lemak
lemak merupakan bahan makanan penghasil energi terbesar. Zat makanan ini juga berfungsi untuk melindungi alat-alat tubuh dengan membentuk bantalan lemak dan pelindung tubuh dari suhu yang rendah. Untuk mengetahui apakah suatu bahan makanan mngandung lemak, dapat dilakukan uji dengan menggunakan kertas tipis sebagai indikatornya. Bahan makanan yang mengandung lemak, bila dioleskan pada kertas dan dibiarkan kering, akan tampak tembus pandang bila diterawang.
Garam Mineral
Garam mineral dan vitamin dibutuhkan dalam jumlah sedikit. Meskipun demikian zat ini juga berepran penting dalam pembangunan tubuh dan kelancaran proses metabolisme. macam garam mineral dan vitamin ternyata sangat banyak. Contoh garam mineral dan vitamin ternyata sangat banyak. Contoh garam mineral, misalnya: zat kapur (Ca), zat Fosfor (P), Zat besi (Fe), fluor (F), iodium (I), natrium (Na), belerang (S), klor (Cl), tembaga (Cu) dan Seng (Zn).
Vitamin
Vitamin dikelompokkan menjadi dua. Ada vitamin yang larut dalam air dan ada vitamin yang larut dalam lemak. Contoh vitamin yang larut dalm air adalah vitamin B dan vitamin C. Sedangkan vitamin yang larut dalam lemak adalah vitamin A, vitamin D, vitamin E dan vitamin K.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar